Home > Muslim things > Jebakan syetan kepada Muslim dalam sholat

Jebakan syetan kepada Muslim dalam sholat

Disarikan dari (potongan) . riwayat dari Muadz bin Jabal r.a. dari Ibn Abbas
r.a,

Iblis berkata kepada Nabi Muhammad SAW:

“……….. Wahai Muhammad, sesungguhnya diantara umatmu ada yang
mengakhirkan shalat barang satu dua jam. Setiap kali mau shalat, aku temani
dia dan aku goda dia. Kemudian aku katakan kepadanya:” Masih ada waktu,
sementara engkau sibuk”. Sehingga dia mengakhirkan shalatnya dan
mengerjakannya tidak pada waktunya, maka Tuhan memukul wajahnya. Jika ia
menang atasku, maka aku kirim satu syaithan yang membuatnya lupa waktu
shalat. Jika ia menang atasku, aku tinggalkan dia sampai ketika mengerjakan
shalat aku katakan kepadanya,’ Lihatlah kiri-kanan’, lalu ia menengok. Saat
itu aku usap wajahnya dengan tanganku dan aku cium antara kedua matanya dan
aku katakan kepadanya,’ Aku telah menyuruh apa yang tidak baik selamanya’.
Dan engkau sendiri tahu wahai Muhammad, siapa yang sering menoleh dalam
shalatnya, Allah akan memukul wajahnya.

Jika ia menang atasku dalam hal shalat, ketika shalat sendirian, aku
perintahkan dia untuk tergesa-gesa. Maka ia ‘mencucuk’ shalat seperti ayam
mematuk biji-bijian dengan tergesa-gesa.

Jika ia menang atasku, maka ketika shalat berjamaah aku cambuk dia dengan
‘lijam’ [cambuk] lalu aku angkat kepalanya sebelum imam mengangkat
kepalanya. Aku letakkan ia hingga mendahului imam. Kamu tahu bahwa siapa
yang melakukan itu, batal-lah shalatnya dan Allah akan mengganti kepalanya
dengan kepala keledai pada hari kiyamat nanti.

Jika ia masih menang atasku, aku perintahkan dia untuk mengacungkan
jari-jarinya ketika shalat sehingga dia mensucikan aku ketika ia sholat.
Jika ia masih menang, aku tiup hidungnya sampai dia menguap. Jika ia tidak
menaruh tangan di mulutnya, syaithan masuk ke dalam perutnya dan dengan
begitu ia bertambah rakus di dunia dan cinta dunia. Dia menjadi pendengar
kami yang setia…….”

Wallahúa’lam bisshowwab

Categories: Muslim things
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment